Sejarah Pantai Krakal di Balik Keindahan Panorama yang Tak Terlupakan

Posted on

Gunungkidul memang terkenal dengan keindahan pantai, serta kisah di balik suatu objek wisata, salah satunya adalah sejarah Pantai Krakal. Pantai Krakal memang menjadi salah satu kawasan wisata yang banyak diminati pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Pantai Krakal sendiri merupakan pantai selatan, dengan keindahan pasir putih yang eksotis dan indah. Berada satu jalur dengan pantai Baron, Krakal tergolong tidak pernah sepi, terlebih pada saat hari libur tiba.

Sejarah Pantai Krakal Dibalik Keindahan Panorama Yang Tak Terlupakan
datawisata.com

Simak Sejarah Pantai Krakal Berikut Ini

Krakal merupakan kawasan pantai yang muasal terbentuknya dari proses geologi perbukitan karst Gunungkidul. Termasuk dalam salah satu fenomena kars yang memiliki keunikan tersendiri. Bebatuan gamping di area ini, tersingkap oleh pengangkatan yang disebabkan oleh aktivitas tektonik pada masa itu.

Beralamat secara administratif di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, dimana letaknya berada di tengah-tengah, antara Pantai Baron dan Pantai Pok Tunggal. Berjarak sekitar 8 km dari pantai Baron, Krakal dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih sekitar 35 km melalui pusat Kota Wonosari.

Asal Usul Nama Pantai Krakal

Sejarah Pantai Krakal memang tidak bisa terlepas dari pemilihan nama dari tempat wisata yang terkenal ini. Penyebutan nama pada pantai Krakal tentu memiliki kisah tersendiri yang memiliki sebuah makna tertentu. Nama “kerakal” merupakan sebuah kata dari bahasa Jawa berarti bebatuan kecil yang tersebar dengan jumlah banyak. Istilah ini akhirnya disempurnakan agar penyebutannya lebih mudah. Diubahlah istilah “Kerakal” menjadi “Krakal”.

Banyaknya batu-batu kecil yang disebut kerakal ini memang sangat mudah Anda temui di sepanjang pinggir pantai, berwarna putih dengan ukuran sebesar bulatan telur. Hal ini mengundang minat banyak orang, lalu mengambil bebatuan tersebut untuk menghias taman-taman sampai keberadaannya kini nyaris punah di tempat aslinya.

Kisah di Balik Pantai Krakal

Selain dari cerita di atas, banyak sumber yang menyatakan bahwa, pantai ini terbentuk dari muasal batu karang yang berada di dasar laut. Hingga pada saat itu terdapat sebuah peristiwa yang menyebabkan terangkatnya kerak bumi ke permukaan laut, sehingga menyebabkan terbentuknya sebuah pantai yang kini dikenal dengan nama Pantai Krakal.

Konon, bebatuan karang yang besar ini, dahulu menjadi tempat tinggal ikan-ikan di dasar laut. Pada saat mengunjungi pantai ini, Anda akan menemukan dua buah batu karang yang menjulang tinggi di area pantai. Batu karang tersebut merupakan sebuah pembatas antara Pantai Krakal, dengan pantai yang ada di sebelahnya.

Keindahan Alam Pantai Krakal

Selain sejarah pantai Krakal yang mengundang rasa penasaran bagi siapa saja, keindahannya juga mampu memikat hati wisatawan saat berkunjung. Pantai yang masih asri dengan pasir putih yang bersih akan sangat memukau saat dikunjungi di cuaca yang cerah. Pantai ini juga sangat ditunggu-tunggu para surfer karena memiliki ombak nan indah. Selain itu, pastikan untuk membawa buah tangan khas Pantai Krakal untuk orang terkasih setelah selesai mengunjungi pantai. Berbagai olahan makanan khas laut bisa Anda dapatkan, tentunya dengan kualitas yang masih segar, dan harga yang relatif terjangkau.